Perusahaan Yang Mendukung Perekonomian Nasional

Pada tugas matakuliah softskill kali ini mahasiswa diminata untuk menjelaskan website perusahaan yang mendukung perekonomian nasional, untuk itu saya mecoba membahas website PT. PERTAMINA (Persero) dengan alamat website http://www.pertamina.com/

PT Pertamina (Persero) (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun. Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968.

Sebelum bergulirnya UU No. 8 Tahun 1971, Pertamina memiliki hak monopoli dalam industri migas Indonesia. Menurut Undang-undang ini, Pertamina adalah kepanjangan pemerintah dalam pengelolaan migas dan merupakan BUMN khusus yang diatur khusus lewat Undang-undang. Pertamina bukan sebuah badan berbentuk persero, melainkan sebuah lembaga yang diawasi oleh dewan komisaris yang terdiri dari lima menteri. Singkat kata, Pertamina merupakan perusahaan vital Indonesia. Pada saat itulah Pertamina merupakan powerhouse terbesar dari dunia ketiga.

Powerhouse adalah sebuah rumah besar, dalam hal ini berbentuk badan usaha, yang mengayomi puluhan hingga ratusan ribu orang, baik sebagai karyawan (langsung), maupun sebagai pemasok. Powerhouse memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian sebuah negara. Contoh powerhouse yang ada di dunia sangat banyak. Di Amerika Serikat, misalnya, ada Exxon, Coca Cola, Microsoft, dll. Jerman memiliki BMW, Mercedes, Audi, dll. Jepang memiliki Toyota, Sony, Honda, dll. Negara tetangga kita, Malaysia, memiliki perusahaan kebanggaan yaitu Petronas. Sementara negara kita memiliki Pertamina.

Mengapa powerhouse sangat penting bagi negara?
  1. Kemampuannya sangat besar untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
  2. powerhouse memiliki kontributor penting bagi GDP. Pertamina selama 45 tahun telah memberi kontribusi $400 miliar kepada Indonesia. 
  3. Powerhouse mengembangkan teknologi.
  4. Powerhouse merupakan simbol kemajuan bagi suatu bangsa. Powerhouse yang sehat identik dengan peningkatan kesejahteraan dan mengharumkan nama bangsa.

Screenshot Website http://www.pertamina.com/


Halaman index website pertamina terlihat sangat teratur dalam penempatan konten-kontennya selain itu dari segi pemilihan warna juga sangat serasi antar background dengan warna tulisannya. Pada bagian header website tersebut tidak menggunakan sebuah gambar melainkan menggunakan beberapa gambar yang muncul bergantian sehingga membuat tampilan website tersebut tidak terlihat monoton. Pada bagian Link Navigation terdapat beberapa menu, diantaranya :
  1. Profil Pertamina yang berisi semua yang berhubungan dengan Profile perusahaan.
  2. Bisnis Pertamina berisi kegiatan bisnis dalam perusahaan tersebut selain itu juga terdapat visi, misi dan strategi perusahaan.
  3. Berita Pertamina berisi semua artikel atau berita-berita terbaru yang mungkin berguna bagi pengungjung website.
  4. Hubungan Infestor berisi mengenai informasi investor.
  5. Tanggung Jawab Sosial berisi semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sosial yang pernah dilakukan oleh PT.Pertamina, sesuai dengan komitmen Pertamina sebagai asset nasional yang turut memajukan masyarakat indonesia.
  6. K3LL berisi mengenai penghargaan dan sertifikasi yang didapat oleh pertamina dalam hal mutu, kualitas, kemanan dari produk-produk yang dihasilkan serta berisi kebijakan dan management sistem dalam perusahaan. 
Tidak seperti website pada umumnya halaman index pada website ini tidak menampilkan artikel secara langsung pada halaman utama, melainkan hanya menampilkan link dan menu yang dapat dipilih untuk menuju halaman yang diinginkan pengunjung, sehingga pada halaman index terlihat minimalis.
Selain itu website ini juga dapat dilihat dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahansa inggris, tentu saja menu tersebut menjadi sangat penting karena pertamina merupakan perusahaan yang sudah dikenal di dunia internasional, sehingga pengunjung website tersebut bukan hanya dari kawasan Indonesia melainkan dari seluruh dunia.


No comments:

Post a Comment