Belajar Bahasa Inggris: Causative HAVE and GET #2


Nah sekarang kita lanjut belajar Causative dengan GET. Buat temen-temen yang belum baca Belajar Bahasa Inggris: Causative HAVE and GET #1 silahkan dibaca dan dipelajari dulu karena Belajar Bahasa Inggris: Causative HAVE and GET #2 ini lanjutan dari artikel sebelumnya.


Masih pahamkan kayak gimana bentuk Aktif dan Pasifnya HAVE?? Sekarang kita akan pelajari Causative Get…

Tenang, hanya sedikit perbedaan antara HAVE dan GET kok. Bedanya, kalo dengan GET, setelah objek1 harus ditambah kata TO sebelum kata kerja(Verb). Contohnya, “I GET you TO OPEN the pervious article” jika diartikan ke Indonesia akan tetap sama “Saya MENYURUH anda MEMBUKA artikel sebelumnya”.  Gimana kebayang kan?
Sekarang kita liat rumusnya Get bentuk aktif dan Pasif dibawah…

  1. Causative Get bentuk aktif dan bentuk pasif
    • A. Get bentuk aktif, rumusnya (dalam bentuk aktif masih inget kan objek1 itu harus orang? Siip)
      Subject + GET + Object1 + TO + Verb1 + Object2

      Contoh:
      1.  I get my dog to bite him.
        (saya menyuruh anjing saya menggigit dia.)
        Tuh, kalo dengan GET setelah OBJEK harus ditambah TO lalu VERB(katakerja).
      2.  Mother gets me to clean my room.
        (Ibu menyuruh saya membersihkan kamar saya.)


    • B. Get bentuk pasif, rumusnya (masih ingetkan kalo bentuk pasif objeknya cuman 1 dan harus benda mati?)
      Subject + GET + Object + TO + Verb3

      Contoh:
      1. He gets his jacket to sewn
        (dia menyuruh jaketnya dijahit.)
        Tuh, objeknya adalah benda mati "his jacket"
      2. I get my homework to done.
        (saya menyuruh pr saya dikerjakan.)
      3. Father gets the wall to painted.
        (ayah menyuruh tembok dicat.)
Yang paling perlu diingat adalah kalo dengan GET harus ada TO.

Okeh kayaknya cukup sampai disini. Semoga temen-temen paham, kalo ada pertanyaan silahkan komen. Buat yang mau soal-soal Causative have and get komen aja dan cantumkan email kalian. Nanti akan saya kirimkan soal-soalnya secepatnya

4 comments:

  1. Saya mau tanya, apakah causative verb bisa digunakan untuk semua bentuk tenses? seperti future, etc.
    lalu bagaimana rumus causative verb untuk kalimat tanya dan negatif?
    Terimakasih ^^

    ReplyDelete