Belajar Bahasa Inggris: Causative HAVE and GET #1

Untuk artikel Belajar Bahasa Inggris kali ini saya gk bisa membuat artikel tenses yang selanjutnya, kita loncat ke Causative HAVE and GET dulu ya.Pasti banyak temen-temen yg blm tahu tentang Causative Have dan Get ya kan? Sedikit penjelasan, Causative adalah susunan kalimat dalam bahasa inggris untuk menyuruh atau memerintah seseorang.

Yang kita ketahui Have untuk Mempunyai dan Get untuk Dapat, tapi dalam bentuk Causative. Have dan Get akan menjadi kata yang bermakna Menyuruh. Causative ini lumayan gampang dipelajari kok…

Ada 2 tipe di Causative, bentuk aktif dan bentuk pasif. Dan semuanya jadi ada 4bentuk; Causative Have bentuk aktif, Have bentuk pasif, Get bentuk aktif dan Get bentuk Pasif.
Kita lupakan dulu yang “get-get” itu. Karena di artikel ini, saya akan membahas yang “have-have” dulu.




Sebelumnya, Saya jelaskan perbedaan antara bentuk aktif dan bentuk pasif dalam bahasa indonesianya,

  1. Causative bentuk aktif
    “SAYA menyuruh MONTIR memperbaiki MOBIL.”
  2. Causative bentuk pasif
    “SAYA menyuruh MOBIL diperbaiki”
Coba lihat apa bedanya causative bentuk aktif dengan pasif?
Ya betul, dalam bentuk aktif, objek pertamanya benda hidup yaitu seorang MONTIR.
Sedangkan dalam bentuk pasif, objek pertamanya adalah benda mati yaitu MOBIL. Yup, dibentuk pasif, sudah diharuskan objeknya adalah benda mati.

Dan di bentuk aktif terdapat objek kedua yaitu MOBIL. Obek kedua dibentuk aktif diharuskan benda mati.
Sedangkan di bentuk pasif tidak diharuskan ada objek kedua.

Jadi, dibentuk aktif objeknya ada 2, yang pertama adalah orang dan yang kedua adalah benda mati. Sedangkan bentuk pasif, objeknya cuman 1, yaitu harus benda mati.


Gmn? Semoga bisa bedain ya yang mana aktif dan pasif.

Sekarang kita belajar dalam bahasa Inggrisnya. Okeh kita mulai....
  1. Causative Have bentuk aktif dan bentuk pasif
    • A. Have bentuk aktif, rumusnya,
      Subject + have/has/had + Object1 + V1 + Object2
      Dalam Causative have bentuk aktif ini, akan ada subjek dan 2buah objek, objek yang pertama adalah orang/benda hidup yang akan disuruh dan yang kedua adalah benda matinya.

      Contohnya:
      1. I have the mechanic repair my car.
        (saya menyuruh montir memperbaiki mobil saya.)
        Disini “I” sebagai subjeknya, dan “the mechanic” sebagai objek pertamanya yang disuruh oleh si “I”, dan “my car” adalah objek keduanya(benda mati).
      2. Mother has her son do homework.
        (Ibu menyuruh anaknya mengerjakan PR.)
      3. She has her friend take her book.
        (dia menyuruh temannya mengambil bukunya.)

    • B. Have bentuk pasif, rumusnya
      Subject + have/has/had + Object + V3

      Dalam Causative have bentuk pasif, akan ada subjek dan 1buah objek saja dan objek tsb haruslah benda mati.

      Contoh:
      1. I have my car repaired.
        (saya menyuruh mobil saya diperbaiki.)
        Disini “I” sebagai subjek dan “my car”(benda mati) sebagai objeknya. Tuh liat tuh, objeknya benda mati.
      2. We have her make paper plane.
        (kami menyuruh dia membuat kapal-kapalan kertas.)

Gimana? Ngerti apa malah bingung? Hehehe…
sekarang kita coba ngerubah contoh diatas, dari bentuk aktif ke bentuk pasif…
  1. I have the mechanic repair my car
    pasif>> I have my car repaired. (saya menyuruh mobil saya diperbaiki.)
  2. Mother has her son do homework
    pasif>> Mother has homework done. (ibu menyuruh PR dikerjakan.)
  3. She has her friend take her book soon
    Passive: She has her book taken. (dia menyuruh bukunya diambil.)
Okeh kayaknya cukup sampai disini. Semoga temen-temen paham, kalo ada pertanyaan silahkan komen. Buat yang mau soal-soal Causative have and get komen aja dan cantumkan email kalian. Nanti akan saya kirimkan soal-soalnya secepatnya.

Untuk lanjut ke pembahsan Causative dengan GET baca di Causative Have dan Get #2.

2 comments:

  1. We have her make paper plane. mustinya kn made ya ga bro?

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya gan, ngebantu banget buat saya bealajar hehe :D

    ReplyDelete