Tips: Perbaiki Ballpoint yang Macet

Pasti anda merasa dirugikan jika harus ganti pulpen yang macet. Padahal tintanya masih banyak. Ini disebabkan karena bola yang berada diujung bolpoin macet oleh tinta yang kering.

Jika mau berhemat sedikit, ada beberapa cara memperbaikinya:



1. Coba coret-coret di permukaan yang keras tapi licin seperti di kaca, ubin, almunium dll, agak ditekan sedikit. Ini supaya bolanya dapat berputar kembali. Jika tidak berhasil coba ulangi.



2. Menggunakan cairan pelicin seperti

cairan pembersih kaca atau perapi pakaian. Caranya semprotkan cairan tadi di tangan atau di ubin/kaca lalu oleskan ke pulpen yang macet. Diamkan sebentar, lalu coba coret dikertas. Jika tidak berhasil coba ulangi.



3. Dengan sedikit suhu panas, nyalakan api dan dekatkan(jangan ditempelkan) pulpen yang macet tadi ke api. Karena yang dibutuhkan hanya sedikit suhu panas, jadi jangan terlalu dekat dan terlalu lama(2detik cukup). Lalu diamkan sebentar dan cobalah. Jika tidak berhasil coba diulang cara 1 dan 2.



4. Lembiru, lemparin beli yang baru :p



Cara-1,2,3 keberhasilanya gk bisa diperkirkan, untung-untungan aja, tergantung tingkat keringnya tinta pada bolanya. Tapi kalo cara-4 100% berhasil kok hehehe

1 comment: