NFS (Network File Sharing) Ubuntu


 Pada tutorial kali ini kita akan mencoba melakukan sharing folder antara dua buah PC dengan menggunakan NFS (Network File Sharing) yaitu antara PC1 dan PC2, untuk melakukan simulasi berikut kita menggunakan dua buah PC yang terhubung dengan kabel LAN, dengan setting IP seperti pada gambar berikut :


 Langkah pertama pastikan aplikasi nfs-kernel-server, nfs-common dan portmap sudah terinstall, jika belum maka terlebih dahulu kita harus mengisntall aplikasi tersebut. Pada contoh kali ini saya menggunakan OS Linux Ubuntu 9.10 (koala Karmic) untuk proses install aplikasi tersebut cukup mengkoneksikan PC dengan internet kemudian ketikan perintah pada terminal.

~$ sudo apt-get install nfs-kernel-server nfs-common portmap


Kemudian untuk mencegah portmap bind loopback maka kita ketikan perintah berikut pada terminal
~$ sudo dpkg-reconfigure portmap

Kemudian pilih OK, selanjutnya kita restart service dari portmap dengan perintah
~$ sudo /etc/init.d/portmap restart

Langkah berikutnya kita setting IP address pada PC1 dengan menggunakan perintah pada terminal. Untuk melakukan setting IP address menggunakan perintah ifconfig
~$ sudo ifconfig NIC ip_address netmask netmask_address

Untuk melakukan pengecekan ip address kita menggunakan perintah ifconfig atau ifconfig NIC
~$ ifconfig NIC
atau
~$ ifconfig

Perbedaan dari perintah diatas hanya terletak pada output yang ditampilkan, jika pada perintah ifconfig kita mengikut sertakan NIC maka output yang ditampilkan hanya berupa informasi configurasi pada NIC yang diinginkan saja, sedangkan jika kita tidak menambahkan NIC pada perintah ifconfig maka semua NIC akan ditampilkan semua informasi dari NIC yang dimiliki.













Seperti pada langkah sebelumnya untuk melakukan setting IP pada PC2 kita menggunakan perintah yang sama.













Setelah kedua PC sudah diberikan alamat IP Kemudian untuk mengecek apakah PC1 dan PC2 sudah terhubung atau belum, kita gunakan perintah ping.

~$ ping alamat_IP_tujuan


Pada PC1 alamat IP yang kita ping adalah alamat IP pada PC2 yaitu 192.168.0.2













Seperti pada langkah sebelumnya untuk melakukan setting IP pada PC2 kita menggunakan perintah yang sama.












Dari kedua output hasil ping dapat dilihat paket yang berhasil dikirim dan paket yang gagal terkirim serta waktu rata-rata yang dibutuhkan pada proses tersebut.
Setelah kedua PC sudah dipastikan terhubung dengan baik langkah berikutnya kita akan melakukan melakukan konfigurasi pada PC1 untuk membuat sebuah folder dengan nama “nfs” pada directory “/home/ngix” yang nantinya folder tersebut akan kita share terhadap PC2. Untuk membuat folder kita menggunakan perintah
~$ mkdir nfs

Selanjutnya kita ubah permission dari folder tersebut agar semua user dapat melakukan read/write pada folder yang nanti akan kita share.
~$ sudo chmod –R 777 nfs

Langkah berikutnya kita lakukan konfigurasi NFS pada file “/etc/exports” untuk memasukan path dari directory yang akan di sharing, untuk membuka file exports saya menggunakan editor nano.
~$ sudo nano /etc/exports

Kemudian isikan file configurasi seperti berikut

/home/ngix/nfs 192.168.0.0/24(rw,sync)


 Maksud dari isi file exports diatas yaitu, kita akan melakukan share terhadap folder “nfs” yang berada pada dirktori “/home/ngix” kepada semua host di dalam network mulai dari IP 192.168.0.1—192.168.0.255 dengan permission read dan write.
Berikutnya kita restart service nfs-server dengan perintah.
~$ sudo /etc/init.d/nfs-kernel-server restart

Berikutnya pada PC2 kita buat sebuah folder untuk tempat mounting dari directory yang dishare oleh PC1, pada ubuntu untuk mounting harddisk, cdroom, Flash Disk secara default berada pada directory “/media”, untuk itu kita akan membuat sebuah directory dengan nama “nfs” untuk mounting folder dari PC1. Untuk membuat directory tersebut kita menggunakan perintah
~$ sudo mkdir /media/nfs

Selanjutnya kita ubah permission dari folder tersebut agar semua user dapat melakukan read/writedirektory tersebut.
~$ sudo chmod –R 777 /media/nfs

Selanjutnya kita akan melakukan mounting directory yang sudah di share oleh PC1 yaitu “/home/ngix/nfs”, untuk melakukan mounting kita menggunakan perintah mount
~$ sudo mount 192.168.0.1:/home/ngix/nfs /media/nfs


Kemudian kita coba buat sebuah file dengan nama “Dibuat di PC1.txt” pada directory “/home/ngix/nfs” untuk ujicoba apakah file tersebut dapat dibaca pada PC2 atau belum.



Jika dibuka pada PC2 di directory “/media/nfs” maka file yang tadi sudah di share oeh PC1 akan terbaca pada PC2, kemudian pada PC2 kita coba buat sebuah file dengan nama “dibuat di PC2.txt” maka file tersebut juga akan terbaca pada PC1 di directory “/home/ngix/nfs”


No comments:

Post a Comment