TANDA TANDA KEBOHONGAN

Yang sering dibohongin silakan baca :D
Yang suka bohong jangan protes yaaa.. ahahahahaha

sebelumnya baca ini dulu, buat renungan :'(

"Apa gunanya berbohong padahal kebenaran,
jika disampaikan dengan baik, bisa memenuhi tujuan yang sama."

--W. E. Foster--

mudah-mudahan setelah baca bisa mendapat sedikit pencerahan.. amienn


// MATA
Tidak adanya kontak mata merupakan pertanda klasik dari kebohongan, Orang yang sedang berbohong biasanya menghindari kontak mata secara langsung. Secara tidak sadar orang yang sedang berbohong merasa Anda bisa mengetahui kebohongan itu melalui matanya dan merasa bersalah, dengan begitu dia akan menundukan kepalanya atau pandangan matanya akan berpindah-pindah dengan cepat kesana kemari.

// TANGAN & LENGAN
Saat kita sedang berbicara dengan jujur tanpa sadar tangan akan mengekspresikan setiap kata dan kalimat yang sedang kita ucapkan. Hal tersebut berbeda jika seseorang sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu, dia cenderung kurang ekspresif dengan tangan dan lengannya.

// JARI
Jari yang menunjuk menandakan keyakinan dan otoritas. Seseorang yang sedang berbohong jarang menunjuk dengan jarinya, baik ke orang lain atau ke arah lain.

// KONTAK FISIK
Sentuhan menandakan hubungan psikologis, orang yang sedang berbohong biasanya akan lebih sedikit atau tidak sama sekali melakukan kontak fisik dengan lawan bicaranya. Secara tidak sadar orang yang sedang berbohong akan mengurangi tingkat keakraban untuk membantu meredakan rasa bersalahnya.

// INTONASI
Orang yang sedang berbohong biasanya akan berbicara dengan intonasi yang datar, tidak ada penekanan dalam bicaranya. Hal itu dikarenakan orang yang sedang tertekan pita suaranya akan menegang sehingga suara yang bervariasi tidak akan terdengar.

// EKSPRESI != KATA-KATA
Orang yang berbohong biasanya akan menampilkan ekspresi lebih lambat dari pada ucapannya, dia melakukan ekspresi/gerakan yang dibuat-buat untuk menunjukan pendiriannya. Sehingga antara ucapan dan ekspresi waktunya tidak cocok terlihat seperti ada jeda waktu antara ucapan dengan ekspresi, karena itu merupakan gerakan yang dibuat-buat yang tidak didasarkan pada emosi.

2 comments: